Jan 13, 2012

perkembangan telematika

Telematika merupakan adopsi dari bahasa Prancis yang sebenarnya adalah “TELEMATIQUE” yang kurang lebih dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan perpaduan dari dua kata yaitu dari “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Dalam wikipedia disebutkan bahwa Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).

perkembangan telematika di indonesia tahun 2011 yang paling siknifikan adalah semakin banyaknya bermunculan SmartPhone seperti BlackBerry dan Handphone berbasis Android, dengan berkembangnya gadget ini tentunya semakin membuat indonesia negara yang maju, negara yang mengerti kemajuan telematika, namun ada juga kekurangannya.

karena semakin banyaknya bermunculan smartphone ini tentunya jurang sosialpun semakin tinggi, banyak orang yang beranggapan "kalo punya BB pasti gue dibilang orang kaya" atau "akh lo ga punya BB males gue nyatet no hape lo" itu hanya contoh sedikit perlakuan yang salah dalam menggunakan gadget, karena kegunaan sesungguhnya dari gadget ini adalah untuk bisnis dan usaha, mengapa?

fungsi fungsi utama yang ada dalam smartphone ini adalah untuk memudahkan pengusaha2 dalam berbisnis, seperti melihat email, atau mengechek dolar, atau mengechek harga barang, dll. namun apa yang terjadi di indonesia ini adalah sebaliknya kegunaan2 ini diabaikan oleh para pengguna smartphone yang hanya ingin tampil keren (kasarnya) mereka menggunakan smartphone hanya untuk update status Fb, atau main tweeter, atau sekedar chating di ym yang sebenarnya bisa juga menggunakan handphone yang biasa (yang mendukung fasilitas tersebut diluar Smartphone).

sedikit pendapat dari saya semoga pembaca dapat mengartikannya dengan baik sehingga perkembangan telematika di indonesia ini semakin baik :) Share

No comments:

Post a Comment